Harga Mahal Sebuah Pesta - TERGELETAK
Headlines News :

Misteri

Home » , , , » Harga Mahal Sebuah Pesta

Harga Mahal Sebuah Pesta

Vritten By AnGga SuseTyo on Jumat, 22 Juni 2012 | 05.58


AFP/JANEK SKARZYNSKIAcara pembukaan Piala Eropa 2012 di Stadion Nasional Warsawa, Polandia, 8 Juni lalu.
TERGELETAK.com - Dua negeri tuan rumah penyelenggara Piala Eropa 2012 harus menghadapi kenyataan pahit setelah gagal bersaing ke perempat final. Berbeda dengan tim lain yang tersingkir dan segera pulang kampung, Polandia dan Ukraina harus berbesar hati untuk tetap menjamu para tamu.

Apalagi kedua negara telah bersusah payah membangun infrastruktur demi perhelatan bergengsi di Eropa itu. Berdasarkan laporan Businessweek, untuk menyelenggarakan perhelatan empat tahun sekali itu, kedua negara menghabiskan biaya hingga 39 miliar dollar AS (sekitar Rp 366 triliun).

Selain untuk akomodasi tim dan pendukungnya, kedua negara juga membangun stadion, jalan, dan infrastruktur lain untuk mendorong pertumbuhan ekonomi serta membangkitkan perusahaan lokal. Namun, kenyataan sejauh ini tidak berjalan sesuai harapan. Tiga kontraktor besar di Polandia menyatakan bangkrut pada beberapa minggu setelah melaksanakan proyek bernilai jutaan dollar itu.

Grup PBG yang membangun tiga dari empat stadion baru di Polandia diminta untuk merestrukturisasi utang senilai 427 juta dollar AS (sekitar Rp 4 triliun).

”Siapa yang akan membayar ini semua?” kata Piotr Czarnecki, Chief Executive of Raiffeisen International’s Polandia, ketika berbicara di TVN CNBC pada 5 Juni lalu.

Para kontraktor Polandia mendapat masalah karena sejak awal mereka bersaing sengit untuk mendapatkan kontrak. Mereka nekat mengajukan penawaran hingga 40 persen di bawah standar harga yang diperkirakan pemerintah. Akhirnya ongkos yang harus mereka keluarkan menjadi lebih besar dari pendapatan, termasuk akibat kenaikan harga minyak dunia. Alih-alih untung, mereka malah terjerat dalam lilitan utang.

PBG mengalihkan bisnis minyak dan gas mereka untuk membangun jalan dan stadion, termasuk Stadion Nasional di Warsawa, tempat berlangsungnya pembukaan Piala Eropa 2012. Kontraktor lain yang juga bangkrut adalah DSS, yang membangun sebagian jalan tol dari Berlin ke Warsawa dan Poldim, yang menggarap pembangunan jalan di Ukraina.

Sementara itu, Anatolii Baronin, peneliti dari Da Vinci di Kiev, menyebutkan, Ukraina kini dibebani utang hingga Rp 72 triliun, lebih besar dari utang Yunani pada Olimpiade 2004 sebesar Rp 37,6 triliun.

Pemerintah Ukraina memprediksi, perbaikan infrastruktur itu akan menarik investasi asing masuk ke negara tersebut.

Namun, angka-angka itu ternyata jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan pembangunan stadion di Afrika Selatan untuk Piala Dunia 2010. Apakah ada kemungkinan korupsi? ”Tentu saja,” kata Erik Nayman, Direktur Capital Times Investment, di Kiev.

Ternyata harga yang harus dibayar untuk penyelenggaraan pesta sepak bola se-Eropa itu tidak murah. Namun, selalu ada harga yang harus dibayar.

Semoga saja pesta besar tersebut tetap membawa kegembiraan dan menggerakkan perekonomian lokal. Mendung memang masih bergelayut, tetapi matahari pasti bersinar lagi.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. TERGELETAK - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger